Sejarah pemilu di Indonesia


1. Pemilihan umum sudah dilaksanakan secara rutin setiap lima tahun sekali di indonesia mulai pemilu 1955. pemilu pertama kali dilaksanakan pada tanggal 29 september 1955 untuk memilih anggota legislatif (DPR). pada saat itu peserta pemilu puluhan partai politik. pemilihan umum ini menampakan 4 besar partai yg memperoleh kemenangan secara nasional. yaitu Partai Nasional Indonesia (PNI). dan Partai Komunis Indonesia (PKI).

2. Pemilu kedua diselenggarakan pada tanggal 9 Juli 1971 yg diikuti oleh 10 kontestan peserta pemilu yaitu PNI,NU,Parmusi,Murba,IPKI,Parkindo,Partai,Katolik,Perti,PSSI, dan golkar. pada pemilu kedua ini, golkar menjadi pemenang pertama, disusul 3 partai terbesar NU,Parmusi, dan PNI.

3. Pemilu ketiga pada tanggal 2 Mei 1977. terjadi perpanjangan satu tahun (seharusnya jatuh tahun 1976) karena partai-partai politik fusi pada tahun 1976.

4. pemilu keempat diselenggarakan pada tanggal 2 Mei 1982, pemilu kelima pada tanggal 23 April 1987, pemilu keenam pada tahun 1992, dan pemilu ketujuh tahun 1997.

5. pada tanggal 21 Mei 1998 terjadi perubahan politik, lengsernya presiden Soeharto dan tampilnya presiden B.J  Habibie, serta lahirnya orde reformasi.

6. Pemilu ke 9 dilaksanakan pada tanggal 5 April 2004, untuk pemilihan anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. pemilu diikuti 24 parpol yg telah memenuhi syarat yg diatur dalam UU pemilu No. 12 Tahun 2004.


Cukup Sekian Dari Saya... :-) #Rusdan

Seorang Mahasiswa yang ingin berubah dari yang baik menjadi lebih baik hingga sukses dengan hobby Musik, dan Menulis

Apabila Bermanfaat Mohon Bagikan

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah Dengan Baik

Jangan Berbuat Tidak Sopan

Otomatis Akan Saya Spam

#Dilarang Pasang Link Aktif Apabila Mau Pasang Link Blog Sobat bisa dengan mengubah opsi commentnya ke NAMA/URL kemudian pasang nama dan URL web sobat, yang relevan pasti saya kunjung balik

Artikel Terbaru